EfrisbahriOnline – SEBAGIAN besar masyarakat kita tinggal di pedesaan. Desa dengan segala dinamikanya memiliki potensi sumberdaya yang luar biasa. Potensi ini kalau bisa dikelola tentu akan menjadi kekuatan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, Yayasan Mitra Peduli Indonesia (MPI) meluncurkan program Bangkitnya Desa Kami sebagai jawaban untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di pedesaan.

Menurut Efri S. Bahri, Ketua Yayasan MPI, program Bangkitnya Desa Kami akan menjadi unggulan di tahun 2012. Program Bangkitnya Desa Kami merupakan sebagai integrasi dari berbagai program telah berjalan selama ini. Program Bangkitnya Desa Kami dilakukan secara terintegrasi antara program pendidikan, ekonomi, sosial dan lingkungan.

Diharapkan program ini bisa menjadi motor penggerak untuk membangkitkan dan mendayagunakan sumberdaya lokal di pedesaan yang begitu melimpah.

Lebih jauh Efri menjelaskan, MPI yang berkedudukan di Kabupaten Bogor didirikan pada 6 November 2007. MPI didirikan oleh sekumpulan pemuda. Pada tahap perintisan ini MPI mengawalinya dengan mensupport Rumah Baca Masyarakat (RBM), Mendirikan Sekolah Komunitas Baca Alquran.

“Berbagai program Community Development ini diawali dengan melakukan Studi Participatory Rural Appraisal (PRA) di Kabupaten Bogor. Studi PRA menjadi cikal bakal diluncurkannya program Lumbung Ternak. Pada tahun 2008, program-program MPI terus tumbuh dan berkembang dengan bergerak dalam bidang sosial kemanusiaan,” tambah Efri

Dijelaskan juga, MPI memiliki visi pemberdayaan masyarakat berbasis sumberdaya lokal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sedangkan misinya adalah membangun kesadaran kolektif terhadap potensi sumberdaya lokal, meningkatkan kapasitas kelembagaan lokal, membangun sistem nilai untuk kemandirian masyarakat.

ditulis oleh: efri s. bahri – pada tanggal Kamis, 01 Desember 2011 08:40 WIB
Sumber: http://www.mediaindonesia.com/citizen_read/2754

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *