Ad image

Itqanpreneurs_NEWS (19/1/2021) – Di dalam artikel sebelumnya yang berjudul “Sumberdaya, Jantung Kesuksesan Entreprenerus, kami mengutip pendapat dari Ridzwan et al., (2017). Ridzwan et al., (2017) berpendapat bahwa sumberdaya merupakan jantung dari kesuksesan Entrepreneurs. Oleh karena itu, menjadi penting untuk mengenal dimensi sumberdaya. Ini sebagai upaya untuk mengoptimalkan sumberdaya, dari sesuai yang bersifat potensial, menjadi sesuatu yang efektif, bermanfaat, dan maslahat.

Banyak para peneliti yang membahas tentang dimensi sumberdaya (Limsong et al., 2017). Pertama, sumberdaya dalam dimensi keuangan, dikenal dengan istilah sumberdaya keuangan. Sumberdaya keuangan mempunyai banyak fungsi, antara lain: sebagai modal kerja, dan investasi. Sebagai modal kerja, sumberdaya keuangan bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan modal kerja usaha. Dalam kontensi modal kerja usaha, maka sumberdaya keuangan digunakan untuk memenuhi kebutuhan kas, dan non kas misalnya: persediaan barang, dan lainnya yang bersifat jangka pendek (kebutuhan usaha harian, bulanan, dan kurang dari satu tahun).

Menurut Das (2000), sumberdaya keuangan dapat diperoleh dari dari diri sendiri, pasangan/keluarga, Bank, dan lainnya. Selain itu, sumberdaya keuangan juga dapat diperoleh dari entitas pengelola zakat, entitas pengelola wakaf, dan lembaga swadaya masyarakat. Model skema sumberdaya keuangan pada masing-masing sumber terdapat perbedaan. Untuk itu, para entrepreneurs perlu mempelajari lebih lanjut tentang model-model skema pembiayaan, hibah/bantun. dana bergulir, dan model lainnya. Dengan demikian, para entrepreneurs dapat berkolaborasi dengan entitas yang sesuai dengan karakteristik keperluan sumberdaya keuangannya.

Kedua, sumberdaya dalam dimensi dukungan keluarga. Dukungan dari keluarga merupakan elemen penting di dalam membangun usaha. Berbagai bentuk dukungan yang dapat diberikan keluarga kepada Entrepreneurs, antara lain: dukungan dana untuk modal modal dan investasi, dukungan motivasi, dan dukungan do’a. Semua bentuk dukungan ini insya Allag akan memberikan manfaat dan pengaruh untuk kesuksesan Entrepreneurs. Untuk itu, menjadi penting bagi para keluarga memberikan dukungan kepada saudara-saudara kita yang menjadi Entreprenerus. Semoga dapat mewujudkan kesuksesan usaha.

Ketiga, sumberdaya dalam dimensi dukungan pemerintah. Dukungan dari pemerintah sangat ebrmanfaat bagi kemajuan dan kesuksesan Entrepreneurs. Berbagai bentuk dukungan dari pemerintah antara lain: kebijakan, modak kerja dan investasi, alih teknologi, peluang kemitraaan, dan lainnya.

Kepada sahabat Entrepreneurs, selamat mencoba mengoptimalkan sumberdaya usaha yang tengah dikelola saat ini. *Penulis Efri Syamsul Bahri, Founder Itqanpreneurs Advisory Group. email: kenglobal2000@gmail.com, (19/1/2021) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *