Ad image

Itqanpreneurs_NEWS – Setiap Entrepreneurs tentu mendambakan agar dapat mencapai kesuksesan. Kesuksesan dalam hal ini mencakup dimensi financial dan non-financial. Pada dimensi financial, kesuksesan dapat dilihat dari perolehan omset usaha, keuntungan usaha, dan aset usaha. Kesuksesan secara financial terjadi ketika omset, keuntungan, dan aset usaha mengalami kenaikan, maka ini bermakna terjadi pertumbuhan usaha.

Bagi Entrepreneurs, pertumbuhan usaha menjadi sebuah kesuksesan yang luar biasa. Oleh karena itu, seorang Entrepreneursperlu melakukan berbagai upaya, agar trend pertumbuhan usahanya bisa berkelanjutan. Ketika, trend positif pertumbuhan terus berlanjut, maka karakteristik usaha bisa jadi berubah. Beberapa dimensi akan terlihat berbeda, misalnya: jumlah karyawan bertambah, outlet penjualan berlambah, area pemasaran meluas, dan lainnya.

Salah satu upaya untuk menjaga agar pertumbuhan terus terjadi secara berkelanjutan, maka diperlukan sumberdaya. Menurut Ridzwan et al., (2017), di dalam bisnis, sumberdaya merupakan jantung dari kesuksesan Entrepreneurs. Oleh karena itu, menjadi penting bagi entrepreneurs untuk mengidentifikasi sumberdaya yang telah dimiliki.

Berdasarkan hasil identifikasi terhadap sumberdaya tersebut, sahabat Entrepreneursdapat memilah mana sumberdaya yang produktif, dan yang tidak produktif. Pada sumberdaya yang produktif, perlu dilakukan analisis dan diambul keputusan apakah perlu ditingkatakan. Kalau perlu, bagaimana caranya meningkatkannya? Sedangkan, pada sumberdaya yang tidak produktif, perlu dianalisis dan diambil keputusan, apakah akan di perbaikin, dijual, atau bahkan dihibahkan? Ketika dipilih dan diputuskan menjadi hibah kepada masyarakat yang membutuhkan, tentu keberlanjutan manfaat masih terus dirasakan oleh penerima manfaat hibah tersebut.

Kepada sahabat Entrepreneurs, selamat mencoba melakukan identifikasi terhadap sumberdaya usaha yang tengah dikelola saat ini. *Penulis Efri Syamsul Bahri, Founder Itqanpreneurs Advisory Group. email: kenglobal2000@gmail.com, (14/1/2021) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *