LENSAINDONESIA.COM: Direktur Mitra Peduli Indonesia (MPI), Efri S Bahri menyatakan kalau kita ingin memajukan bangsa ini, maka kapasitas sumberdaya manusia nya harus terus ditingkatkan. Selain kapasitas, maka perlu juga dibangun integritasnya.

“Dengan demikian kalau SDM nya memiliki kapasitas dan integritas, kita optimis potensi sumberdaya alam yang ada di negeri ini bisa dikelola dengan baik,” katanya.

Menurut Efri S. Bahri, kita perlu mengambil pelajaran dari negara tetangga kita Singapura. Sebagaimana pernah diungkapkan Prof. Goh Chor Boon Wakil Direktur National Institute for Education (NIE), salah satu lembaga pendidikan pemerintah terbesar di Singapura mengatakan, “Kami tidak punya sumber daya alam, kami tidak punya tambang, kami hanya punya human resources. Kalau kami tidak punya pendidikan yang baik, maka kami tidak akan bertahan”.

“Kita bisa bandingkan bagaimana tingkat kemakmuran warga Singapura dibandingkan dengan Propinsi Kepulauan Riau yang berbatasan langsung dengan Singapura. Karena faktor sumber daya manusia jugalah makanya Presiden RI Pertama Soekarno berseru “Berikan Aku 10 Pemuda, Akan Ku Guncangkan Dunia”, tambahnya.

Terkait peningkatan kapasitas dan integritas SDM tersebut, maka MPI dengan visi kewirausahaan sejak 2 tahun lalu mendirikan SMK Mitra Indonesia di Kabupaten Bogor yang diutamakan bagi para pelajar yang kurang mampu (yatim dan dhuafa). “Dengan adanya muatan kewirausahaan ini diharapkan dapat berkontribusi dalam meningkatkan kapasitas dan integritas para pelajar. Sehingga mereka mampu membuka lapangan kerja secara mandiri dan bersinergi”, pungkas Alumni Universitas Andalas ini. *rilis/LI04

Editor: joko

Rubrik : Edukasi , headline edukasi , PENDIDIKAN , Terkini Sumber: http://www.lensaindonesia.com/2012/02/18/mengembangkan-sdm-perlu-dibangun-integritasnya.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *