ItqanpreneursNews – Sepeda listrik saat ini telah banyak digunakan dan digemari oleh masyarakat. Berbagai gerai yang menjual Sepda Listrik makin banyak ditemui. Sepeda Listrik juga menerapkan konsep kendaraan berkelanjutan (Gusnita 2010). Apa saja yang menjadi keunggulan Sepeda Listrik ini? Ningtyas et al. (2023) mengidentifikasi berbagai keunggulan Sepeda Listrik. Pertama, ramah lingkungan. Sepeda Listrik termasuk dalam produk yang ramah lingkungan dengan adanya dukungan teknologi (Satria et al. 2017). Hadirnya produk yang ramah lingkungan, pada akhirnya akan menghemat energi fosil dan mengoptimalkan pemanfaatan energi terbarukan yang ramah lingkungan (Nainggolan et al. 2016). Nainggolan et al. (2016) menjelaskan bahwa energi terbarukan merupakan energi yang berasal dari sumber daya energi yang secara alamiah tidak akan habis, cepat dipulihkan, dan prosesnya berkelanjutan jika dikelola dengan baik.

Selain itu, Ningtyas et al. (2023) mengidentifikasi bahwa Sepeda Listrik juga mempunyai keunggulan lainnya, yaitu: hemat biaya, mudah digunakan, lebih cepat, lebih nyaman, dan aman. (Penulis adalah ES Bahri)

Referensi

Gusnita, Dessy. 2010. “Green Transport : Transportasi Ramah Lingkungan Dan Kontribusinya Dalam Mengurangi Polusi Udara.” Berita Dirgantara 11(2):66–71.

Nainggolan, Benhur, Fadhilla Inaswara, Gilang Pratiwi, and Hirzan Ramadhan. 2016. “Rancang Bangun Sepeda Listrik Menggunakan Panel.” Politeknologi 15(3):263–72.

Ningtyas, Alviani Hesthi Permata, Ilham Arifin Pahlawan, Rilo Chandra Muhamadin, Purwo Sudirdjo, and Agin Viakri Dagmar. 2023. “Analisa Tegangan Pada Rangka Sepeda Dengan Menggunakan Material Carbon.” JUSTI (Jurnal Sistem Dan Teknik Industri) 3(4):514–19.

Satria, Dhimas, Rina Lusiani, Haryadi, Imron Rosyadi, and Ahmad Fauzi. 2017. “Analisa Perhitungan Energi Listrik Pada Sepeda Listrik Hybrid.” Jurnail Sains Dan Teknologi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa 11(1):9–19.

Sumber Foto: https://id.wikipedia.org/wiki/Sepeda_listrik#/media/Berkas:Fat_Tire_Bike_by_Ensey_Motorized_Bikes.jpg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *