Itqanpreneurs.com – Dalam rangka mempersiapkan Indonesia menyongsong INDONESIA EMAS 2045, Direktorat Standardisasi Kompetensi Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Republik Indonesis, menyelenggaran Pra-Konvensi Nasional RSKKNI Bidang Jasa Konsultansi Pemasaran Pariwisata pada tanggal 26 September 2023.

Acara Pra-Konvensi Nasional ini dibuka oleh Deputi Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf RI bertempat di Hotel Luminor Jakarta Pusat dihadiri Kepala BNSP Kunjung Masehat yang turut pula memberikan sambutannnya dan Pejabat dari Kemenaker serta pegiat pariwisata, industry pariwisata dan perwakilan dari Asosiasi pariwisata.

Pelaksanaan Pra-Konvensi Nasional ini bertujuan untuk melakukan validasi terhadap RSKKNI, teramsuk Ranacangan Kualifikasi Kerja Nasional Indonesia (RKKNI) dan Rancangan Skema Okupasi (RSO), yang telah disusun oleh Tim Perumus.

Pra-Konvensi Nasional RSKKNI, RKKNI, dan RSO bidang jasa Konsultansi Pemasaran Pariwisata ini dilaksanakan setelah melalui pembahasan intensif pada berbagai tingkatan dan uji petik, mengakomodir saran dan masukan dari berbagai pihak sebagai implementasi 12 butir kegiatan kepariwisataan antara lain jasa konsultan pariwisata berdasarkan perintah Pasal 67 Undang-Undang Cipta Kerja No. 11 Tahun 2020.-

Direktur Standardisasi Kompetensi Ibu Titi Lestari mengapresiasi kehadiran para peserta Pra Konvensi yang dapat memberi masukan konstruktif, inovatif dan sistematis dalam rangka kemajuan pariwisata Indonesia agar dapat bersaing di arena global melalui peningkatan kompetensi dan memenuhi standardisasi.

Peserta Pra-Konvensi menunjukan antusiasme yang tinggi dalam membahas deskripsi, sikap kerja, dan peran kerja Jenjang Kualifikasi mulai dari Jenjang Kualifikasi 4 sd Jenjang Kualifikasi 9. Acara diakhiri dengan penandatangan Berita Acara Serah Terima Hasil-Hasil Pra Konvensi oleh Tim Perumus diwakili oleh Ketua dan Sekertaris Tim Perumus kepada Ketua Panitia Kerja Nasional Para-Konvensi Nasional RSKKNI Bidang Jasa Konsultansi Pemasaran Pariwisata Bapak Herbin Saragih.

Reportase: Adjinur Halidin – Pemerhati Sosial dan Pendidikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *