Comdev-BEM-FBS-UNJ-di-Tanjungsari-tgl-5-Desember-2015-225x300FPBN.NET — Mahasiswa sebagai sumberdaya insani pembangunan bangsa harus menjadikan masyarakat sebagai sumber pembelajaran. Sejatinya karena mahasiswa datang dari masyarakat dan kedepan akan mengabdi untuk membangun masyrakat, maka harus mampu menggali ilmu dari masyarakat. Sehingga kedepan ketika terjun di masyarakat akan dapat memberikan manfaat maksimal untuk memajukan potensi yanga da di masyarakat.

Hal itu dikemukakan praktisi Community Development (Comdev) dari Forum Pemuda Bangun Negeri (FPBN) dihadapan 21 peserta Revival Camp With FBS (RCF) yang dugelar Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta.(BEM FBS UNJ) Sabtu (5/12) di Tanjungsari Kabupaten Bogor.

Pada kesempatan itu, Efri juga menekankan pentingnya mellakukan analsis situasi atau yang sering dikenal dengan asessment sebelum melakukan program community development.

“Analisis situasi yang paling mendasar adalah mengenal potensi sumberdaya lokal, mengidentifikasi permasalahan utama di dalam masyarakat.serta menggali dan merumuskan bersama berbagai alternatif solusi dari berbagai problematika yang dihadapi”, papar Efri (fpbn.net)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *