Zakat dan Pembangunan Sosial By Efri S BahriPendekatan pembangunan sosial mengintegrasikan pembangunan kesejahteraan sosial sebagai satu paket dengan pembangunan ekonomi. Pembangunan sosial dalam konteks Indonesia dilakukan baik oleh pemerintah maupun lembaga sosial yang dikelola masyarakat. Dalam satu dekade juga menunjukkan betapa kita mencatat usaha kalangan LSM Muslim yang secara sistematis melakukan dari eksperimentasi pembangunan sosial dengan memobilisasi dana-dana keagamaan. Salah satu sumber dana yang begitu terasa pengaruhnya dalam pembangunan sosial di Indonesia adalah dana zakat.

Zakat yang dikelola dengan amanah, transparan dan profesional oleh Lembaga Pengelola Zakat telah memberikan kontribusi yang nyata di dalam pembangunan sosial. Kiprah Lembaga Pengelola Zakat melalui program-program pendayagunaannya terus berkembang. Mereka terus berkembang walau tanpa benchmark. Penghimpunan dana zakat yang terus meningkat disalurkan dalam bentuk program-program pendayagunaan yang terkait dengan pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan bantuan kemanusiaan bagi korban bencana.

Hal ini menjadi penting mengingat kondisi Indonesia dengan jumlah penduduk ratusan juta jiwa, jumlah pengangguran yang terus meningkat dan kemiskinan yang masih besar, maka strategi pembangunan ekonomi semata tidak bisa diharapkan menjadi solusi. Pembangunan sosial dengan mendayagunaan dana zakat diharapkan bisa berkontribusi untuk menyelesaikan berbagai permasalahan sosial seperti: kemiskinan, pengangguran, pendidikan, kesehatan dan lain-lain.

[Info pemesanan dan penerbitan di FAM Publishing hubungi Call Centre 0812 5982 1511, atau via email forumaktifmenulis@yahoo.com, dan kunjungi web kami http://www.famindonesia.com/2013/07/buku-zakat-dan-pembangunan-sosial-karya.html kunjungi juwa web kami di http://efrisbahri.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *