Direktur Mitra Peduli Indonesia (MPI) Efri S. Bahri mengatakan kepedulian sudah menjadi kebutuhan. Semakin tinggi kepedulian seseorang, maka akan semakin tinggi pula martabatnya. Oleh karena itu lembaga-lembaga kemanusiaan nasional yang bergerak di bidang kemanusiaan harus meningkatkan sinergi dan profesionalitasnya.

Hal itu dikemukakan Efri S. Bahri dihadapan Manajemen Islamic Medical Service (IMS), sebuah lembaga kesehatan nasional yang bergerak dalam membantu dhuafa dan korban bencana khususnya terkait dengan kesehatan.

Lebih lanjut Efri menambahkan kehadiran lembaga kemanusiaan sangat penting dalam membantu masyarakat baik secara reguler membantu para dhuafa, fakir miskin maupun yang menjadi korban bencana alam dan konflik sosial. Disamping itu, keberadaannya sangat penting dalam mewadahi kepedulian para donatur baik dari corporate, individu, media, komunitas, dll. Untuk itu, ia berharap IMS terus tumbuh dan berkembang sehingga manfaatnya semakin besar di masyarakat.

Sebagai gambaran, Visi IMS adalah ebagai lembaga Kemanusiaan Nasional di bidang Sosial dan Kesehatan yang amanah, profesional dan terpercaya dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada umat.

Sedangkan misinya antara lain, pertama, memberi layanan dan meningkatkan kesehatan baik bersifat promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif kepada masyarakat khususnya kepada kaum dhuafa. Memberi layanan cepat dibidang emergency sosial kesehatan. Kedua, memberi layanan kesehatan masyarakat. Ketiga, Sebagai sarana dakwah di bidang layanan kesehatan untuk semua masyarakat. Saat ini IMS berkantor di Jln. Bekasi Timur IV/130 Cipinang Besar Utara Jatinegara JAKTIM, yang sekaligus berperan sebagai klini kesehatan gratis bagi dhuafa.

“Kita berharap kehadiran lembaga kemanusiaan nasional dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, sehingga peran-perannya tidak digantikan NGO internasional. Untuk itu, sinergi dan profesionalitasnya perlu terus ditingkatlkan”, pungkas Efri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *